Kamis, 04 Agustus 2011

Suzuki Carry 1961-1969

suzuki carrySuzuki Carry adalah truk berukuran kecil (kei truck)  yang diproduksi oleh produsen mobil Jepang Suzuki . Generasi pertama Suzuki Carry adalah varian pickup yang disebut sebagai Suzulight FB, yang diproduksi pada bulan Oktober 1961.
Suzulight FB dirancang dengan bonnet berukuran pendek serta posisi mesin berada di bawah kursi depan.  Tata letak seperti ini biasa disebut sebagai “Semi-Cabover”.

Suzulight FB menggunakan mesin dua silinder -  dua langkah, yang diberi nama sama dengan kode produksi mobilnya yaitu seri “FB”. Kapasitas mesin ini adalah 359 cc (21.9 cu in), dengan system pendinginan menggunakan udara (air cooled), yang sanggup menghasilkan daya 21 hp (16 kW).Kecepatan tertinggi yang dapat dicapai tidak lebih dari 76 km / jam (47 mph). Untuk bagian suspensinya, Suzulight FB menggunakan system rigid dengan per daun, pada bagian depan maupun bagian belakangnya..

Selain varian pickup, pada bulan September 1961 tersedia juga varian “Van” / station wagon dengan nama  Suzulight FBD. Sedangkan varian “Blind Van" (tanpa kaca samping), mulai diproduksi pada bulan Juli 1962.

suzuki carry
Generasi kedua Suzuki Carry pickup diberi nama sebagai  Suzulight L20, diproduksi sejak bulan Juni 1965 sebagai pengganti Suzulight FB.  Bentuk bodinya adalah hasil rancang ulang FB, tetapi dengan modifikasi pada rangka ladder-frame, yang kini menggunakan” independently sprung front wheels (dengan batang torsi)”.

Untuk pengganti Suzulight FBD, tersedia Carry Van L20V yang mulai diproduksi pada bulan Januari 1966. Modelnya menggunakan kaca samping model sliding dengan  2 pintu belakang horizontal (horizontally divided two-piece tailgate).

Selain kedua varian tersebut, Suzuki juga menawarkan beberapa varian baru yaitu :

  • suzuki carrySuzuki Carry L21 “Dropside pickup”, yaitu varian dengan bak yang terpisah dengan bagian kabin, untuk meningkatkan kelenturan chassis saat membawa beban yang berat.

  • Suzuki Carry L20H, yaitu varian pickup dengan kanopi kanvas dan kursi belakang berhadapan agar dapat  memuat 4 orang penumpang.

Generasi kedua Suzuki Carry masih menggunakan mesin dengan output  21 hp, akan tetapi telah dilengkapi dengan system pelumasan   CCI (Cylinder Crank Injection) yang dipatenkan oleh Suzuki. Kecepatan tertinggi yang dapat dicapai oleh generasi kedua Suzuki Carry ini justru menurun karena hanya dapat mencapai kecepatan  75 km / jam saja.

Produksi Suzuki Carry generasi kedua berjalan secara pararel dengan Carry L30 dan berakhir pada tahun 1969 saat mulai diperkenalkan Carry L40.


Sumber : en.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar