Kamis, 07 Juli 2011

Sejarah BMW Motor

Dua perusahaan di Jerman, Rapp Motorenwerke GmbH dan Gustav Ott Flugmaschinenfabrik, bergabung pada tanggal 7 Maret 1916 untuk membentuk BFW atau Bayerische Flugzeuzwerke AG. Kemudian pada tahun berikutnya gabungan dua perusahaan tersebut merubah namanya menjadi Bayerische Motoren Werke AG atau Bavarian Motor Work yang memproduksi mesin pesawat terbang sampai akhir WW I (Perang Dunia I)

Sepeda motor BMW pertama di buat di 76 Neulerchenfelder Strasse pada tahun 1920 sampai tahun 1922. Sepeda motor ini menggunakan mesin 2 stroke 148cc dengan 53mm bore dan stroke 60mm. sepeda motor ini dikenal dengan sebutan Flink dan masih tampak seperti sepeda yang diberi mesin.





Langkah berikutnya adalah membuat mesin M2B15 bernama Bavaria Light Engine yang merupakan mesin twin silinder horizontal berlawanan dengan 68mm bore dan stroke 68mm, dan menghasilkankan 6,5 tenaga kuda pada 2.800 rpm. Antara Tahun 1921-1923 mesin ini dijual kepada perusahaan Jerman lain, tetapi selanjutnya menjadi terkenal melalui penggunaan pada sepeda motor Helios pada tahun 1923. Pada model ini M2B15, mesin dipasang depan dan belakang bukan melintang seperti sepeda motor BMW saat sekarang.


Max Friz merupakan Chief Design Engineer BMW semenjak awal berdirinya perusahaan ini pada tahun 1916. Max telah merancang mesin pesawat terbang, mesin sepeda motor “Flink” 1920, sampai dengan mesin Helios M2B15. Max, sebagai seorang insinyur tidak mudah puas dengan temuannya. Termasuk pada mesin dengan Helios dan selanjutnya merancang dan memperkenalkan model baru di Paris Motor Show 1932, yang dipasang pada BMW R32, mesin tersebut dipasang melintang dengan menggunakan transmisi tiga kecepatan melalui poros-drive (gardan) dengan pelumasan tertutup. R32 ini menjadi terkenal karena warna cat biru dan putih pada logo BMW.
Penemuan dan pengembangan lanjutan Max antara lain mengenalkan penggunaan kerangka baja tekan pada tahun 1929, pemakaian garpu teleskopik di tahun1935 menggantikan poros suspensi pendek, penggunaan tubular frame di tahun 1936, dan pengenalan suspensi belakang teleskopik di tahun 1938. Hebat ya!!!

Yang perlu kita ketahui dari seri sepeda motor BMW adalah sbb :

Designation--meaning
S--Sport
R--Roadster
RS--Reisesport
RT--Reisetourer
LT--Luxustourer
GT--Grand Turismo
GS--Gelande Strasse
ST (R1200ST)--Sporttourer
ST (F650ST)--Strasse
CS (R100CS)--Classicsport
CS (F650CS)--Scarver

Contoh BMW dibawah tahun 1930:
Sumber: Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar