Minggu, 31 Juli 2011

Rover Motorcycle (1902-1924)


Rover adalah perusahaan di Inggris yang memproduksi sepeda dan sepeda motor sebelum mereka mulai memproduksi mobil.  Perusahaan ini didirikan oleh John Kemp Starley pada tahun 1884 di Coventry untuk membuat sepeda.  Perusahaan ini mengembangkan dan memproduksi sepeda motor Rover Imperial pada bulan November 1902 dan hingga tahun 1924 Rover telah berhasil memproduksi lebih dari 10.000 sepeda motor.
Pada bulan Juni 1896, John Starley membentuk Rover Cycle Co. Ltd. di New Meteor Works di Coventry.  Starley sukses menjadi produsen ‘safety bicycle’ dan menggunakan uang hasil kerja kerasnya untuk mengimpor beberapa sepeda motor Peugeot awal dari Perancis pada tahun 1899 sebagai bahan percobaan untuk dikembangkan.   Proyek pertamanya adalah memasangkan mesin Peugeot tersebut ke salah satu sepeda Rover-nya.   John Starley meninggal awal Oktober 1901 berusia 46 tahun dan bisnis tersebut diambil alih oleh pengusaha Harry Lawson.
Perusahaan berhasil mengembangkan dan mengeluarkan sepeda motor yang diberi nama Rover Imperial pada bulan November 1902.   Motor ini berkekuatan mesin 3,5HP menggunakan frame berlian, dengan mesin di tengah dan garpu depan springer yang waktu merupakan teknologi terdepan.   Merupakan motor Rover pertama dengan fitur-fitur inovatif seperti karburator semprot, mesin-braket bawah dan katup yang dioperasikan secara mekanis. Dengan bingkai yang kuat yang depannya berupa tabung ganda dan kualitas hasil akhir yang baik, lebih dari 1000 sepeda motor Rover terjual pada tahun 1904.
Tahun berikutnya, bagaimanapun, Rover menghentikan produksi sepeda motor untuk berkonsentrasi pada ‘safety bicycle’.  Namun, pada tahun 1910 desainer John Greenwood ditugaskan untuk mengembangkan mesin 3,5HP 500cc baru dengan tappets spring-loaded, sebuah dinamo Bosch dan rantai drive gigi terbalik gigi yang inovatif.  Ia memakai karburator Brown & Barlow dan garpu spring Druid yang terkenal.  Model baru ini diluncurkan di pameran Olympia 1910 dan lebih dari 500 yang dijual.
Pada tahun 1913 model ‘TT’ diluncurkan dengan jarak roda yang lebih pendek dan setang model sport.   Kerjasama team antara Dudley Noble dan Chris Newsome berhasil mendapatkan kemenangan dan meraih penghargaan tim bekerja.

Produksi setelah PD1
Rover mensupply sepeda motor 499cc silinder tunggal kepada Tentara Rusia (Russian Army) selama PD1.   Ketika perang berakhir perusahaan mulai fokus pada produksi mobil tapi Rover masih memproduksi sepeda motor dengan mesin Rover OHV 248cc dan 348cc serta dengan mesin J.A.P. (termasuk mesin V-Twin 676cc).
Pada tahun 1924, Rover memimpin jalan dengan konstruksi unit mesin dan gearbox pada sebuah sepeda motor ringan 250cc yang baru.   Seri ini memiliki lampu depan dan belakang sebagus desain baru-nya pada rem internal yang diperluas.   Penjualan Rover selanjutnya yang buruk membuat produksi sepeda dan sepeda motor terpaksa berhenti.


Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Rover_%28motorcycles%29

1 komentar: