Minggu, 31 Juli 2011

JAP Motor (1903-1939)

JA Prestwich Industries adalah perusahaan rekayasa dari Inggris yang diberi nama dari singkatan nama pendirinya, John Alfred Prestwich.  Prestwich sebelumnya memproduksi perlengkapan sinematografi, mesin internal combustion, dan mesin rekayasa lainnya yang presisi (precision engineering).  Pada perkembangannya, JAP merupakan perusahaan khusus pembuat mesin yang digunakan oleh banyak merk sepeda motor terkenal.  Prestwich adalah seorang insinyur yang mendirikan perusahaan pada tahun 1895 saat ia masih berusia dua puluhan.  Perusahaannya pada mulanya berada di belakang rumah ayahnya di Jl. Lansdowne Road No.1, Tottenham.  Enam tahun kemudian, 1911, Prestwich telah berhasil pindah ke cabang baru di Tariff Road, Northumberland Park, Tottenham. 
Mesin JAP digunakan di banyak merk sepeda motor dan perangkat lainnya seperti pesawat, mesin gergaji (chainsaws), dan mesin pertanian (cultivators) seperti yang diproduksi oleh Howard Rotovators dan alat ringan untuk perawatan truk.  Mesin sepeda motor JAP selalu dihubungkan dengan kesuksesan di dunia balap dan digunakan pada motor speedway hingga tahun 1960an.   Selama Perang Dunia Kedua, Prestwich telah memproduksi 240.000 mesin industri berbahan bakar bensin untuk menyokong perang, bersama dengan jutaan suku cadang pesawat, busi, dan lain-lain.  Ya, mesin perang yang menakutkan tentu tetap membutuhkan busi. 
Dari tahun 1904 hingga 1908, sepeda motor komplit telah diproduksi di Inggris berdasarkan pengembangan dari mesin motor OHV yang telah diproduksi sebelumnya.  Setelah itu, pabrik JAP konsentrasi pada suplai mesin kepada pabrik lain, termasuk merk-merk terkenal Brough Superior, Triumph Motorcycles, A. J. Stevens & Co. Ltd, dan HRD Motorcycles (sang pendahulu Vincent Motorcycles).   AJS Model D termasuk salah satu motor bermesin JAP yang dibuat untuk Russia pada saat Perang Dunia Pertama.  JAP mengekspor mesin dalam jumlah yang signifikan kepada pabrik motor di luar negeri termasuk Dresch dan Terrot di Prancis; dan Ardie, Hecker dan Tornax di Jerman. 
Di kemudian hari, mesin JAP (dibawah kontrol Villiers) digunakan di balap motor dan terutama di speedway maupun track berlumpur.


JAP juga membuat mesin stasioner dibawah nama J.A.P.  untuk aneka kebutuhan dari mesin tipe terkecil 1a hingga tipe lebih besar bermesin 6, dan dalam aneka tempat penggunaan seperti rotovator, generator, pembuat susu, pompa air, elevator, dan mesin agrikultur.  Biasanya berupa mesin 4-tak yang tangguh layaknya bisa dilihat pada balapan motor kuno (yang menunjukkan bahwa mesin-mesin tua tersebut masih tangguh).  Nama Prestwich menjadi sama terkenalnya dengan hasil kreasinya berupa mesin proyektor cinematography.  Dia bekerja dengan S.Z. de Ferranti dan kemudian bersama pionir sinema William Friese-Greene.
J.A.P. juga mempunyai pabrik di Chelmsford Road, Southgate, London, mempekerjakan sekitar 40–50 orang, dimana beberapa mesin dibuat di tahun 1955.
Setelah tahun 1945, produksi diambil alih oleh Villiers Ltd namun tidak keseluruhannya.  Keseluruhan perusahaan baru berhasil dikuasai oleh Villiers Engineering Company pada tahun 1964 justru saat Villiers dicaplok oleh perusahaan Manganese Bronze Bearings.   Aktifitas di pabrik Northumberland Park tutup pada tahun 1963.
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/JA_Prestwich_Industries

Tidak ada komentar:

Posting Komentar